5 Tips Meningkatkan Keamanan Website

Tips Meningkatkan Keamanan Website

Website mengalami perkembangan yang bisa dibilang cukup pesat beberapa tahun belakangan ini. Semakin banyak orang dan bisnis memulai kehadiran online mereka melalui website. Kehadiran CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal memungkinkan pemula sekalipun membuat website dengan mudah dan cepat.

Sayangnya tidak semua webmaster memahami betul cara mengelola dan mengamankan website. Hal ini menyebabkan website rawan menjadi sasaran hacker.

Sebagian besar pelanggaran keamanan tidak dilakukan untuk mencuri data, melainkan menggunakan server website untuk kegiatan spam atau server sementara untuk file-file ilegal.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi website Anda dari serangan pihak tidak bertanggung jawab

Tips Meningkatkan Keamanan Website

Lakukan update secara rutin

Salah satu langkah terpenting untuk melindungi website dari kejahatan cyber adalah dengan melakukan update software secara rutin, termasuk update server operating system dan software-software yang terpasang pada website atau CMS.

Saat software pada website outdated maka akan menimbulkan celah pada keamanan dan berpotensi untuk disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab, misalnya hacker. Website berbasis CMS seperti WordPress, Joomla biasanya akan mendapatkan pemberitahuan mengenai sistem update saat Anda melakukan log-in. Segera lakukan update jika Anda mendapatkan notifikasi tersebut.

Perkuat Password

Sudah amankah password yang Anda buat? Sebagian orang mungkin belum terlalu paham pentingnya menggunakan password yang kuat untuk melindungi website dan justru memilih kombinasi password yang sering digunakan.

Password lemah memudahkan hackers untuk mengakses website, ditambah lagi sekarang ini hackers sudah menggunakan software untuk memecahkan password.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperkuat password

  • Password Unik

Setiap software atau aplikasi seharusnya memiliki password yang unik, sehingga kemungkinan hackers mengakses website semakin kecil. Anda bisa memanfaatkan password manager untuk mengelola password.

  • Password Panjang dan kompleks

Password Anda sebaiknya panjang, minimal 10 karakter dengan susunan kompleks yang melibatkan huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter spesial.

Install Sertifikat SSL

Sertifikat SSL (Security Sockets Layer) atau yang juga disebut digital certificate, menciptakan secure link antara website dan browser pengunjung dan memastikan semua data tetap privat dan aman. Sertifikat SSL mencegah hackers mencuri informasi sensitif seperti nama, alamat, password, dan nomer kartu kredit.

Selain mengamankan koneksi antara website dan browser dan mencegah terjadinya pencurian informasi penting, dengan menggunakan sertifikat SSL Anda bisa membangun kepercayaan pengunjung website dan meningkatkan peringkat SEO. Pada 2018, Google juga sudah menandai website tanpa SSL sebagai tidak aman. Hal ini dilakukan untuk mendorong webmaster untuk menginstall SSL pada website.

Pilih Web Hosting Yang Aman  

Web hosting memiliki peranan besar terhadap performa website, oleh sebab itu dalam pemilihan web hosting tidak boleh sembarangan. Pastikan web hosting menawarkan fitur-fitur keamanan dan back up untuk website. Web hosting juga sebaiknya yang memiliki bantuan teknis 24/7 yang siap membantu menyelesaikan permasalahan website.

Ada banyak sekali penyedia web hosting di Indonesia. Masing-masing hadir menawarkan keunggulan dan fitur berbeda. Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya membandingkan fitur dari beberapa penyedia dan membaca review dari pengguna.

Backup

Ada ungkapan sedia payung sebelum hujan, hal ini juga berlaku dalam hal pengelolaan keamanan website. Webmaster tidak tahu kapan website akan disusupi oleh hackers, oleh sebab itu penting untuk berjaga-jaga dengan melakukan backup website secara rutin.

Simpan backup off-site atau di tempat yang berbeda dengan server website untuk meminimalkan potensi serangan. Menyimpan backup di web server sangat berisiko karena berisi versi unpatched CMS dan ekstensi yang akan memudahkan hackers untuk mengakses web server.

Tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan backup secara manual. Otomatisasi backup akan memudahkan para webmaster dalam mengamankan website. Beberapa CMS seperti WordPress menawarkan plugin atau extension untuk backup secara otomatis. Selanjutnya pastikan backup website sudah sesuai dan bisa diakses dengan mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka Anda telah meningkatkan keamanan website. Namun hal ini bukan berarti website Anda bebas dari potensi serangan hacker, melainkan Anda mengurangi risiko terjadinya serangan.

Sebagai webmaster, Anda harus aware dan mengerti risiko-risiko keamanan yang mungkin dialami website untuk bisa mengambil tindakan pencegahan yang efektif.

.  

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: