Cara Mematikan Autoplay Video Instagram agar Tak Boros Kuota

cara setting autoplay video instagramCara Mematikan Autoplay Video Instagram – Pada saat ini telah banyak sekali media sosial yang memiliki fitur autoplay video tanpa mengharuskan para pengguna menyetujuinya terlebih dahulu. Video akan dimainkan secara otomatis ketika kita berada pada tepat posisi video postingan. Demikianlah yang terjadi pada aplikasi Instagram, aplikasi jejaring sosial terpopuler ini kini sudah dilengkapi juga dengan fitur autoplay video. Video yang diunggah dalam aplikasi ini secara otomatis akan langsung diputar tanpa harus pengguna menekan tombol play terlebih dahulu untuk melihatnya.

Tak sedikit pengguna yang mengeluh akan hal ini. Karena dirasa tidak membuat mereka nyaman sebab bisa menghabiskan kuota internet tanpa terasa alias boros. Namun ada pula yang berasumsi bahwa fitur tersebut cuma ditujukan untuk meningkatkan jumlah penayangan video postingan saja.

Kehadiran fitur autoplay video pada instagram secara otomatis memang sesungguhnya dinilai cukup menghibur jika video yang diputar memang video yang dikehendaki oleh pengguna IG, namun tak semua video yang ada jadi diputar secara otomatiskan. Bahkan ada video yang membuat para pengguna kurang nyaman, karena tidak bermanfaat, unfaedah, risih, atau jijik menontonya.
Kali ini kami memberikan panduan atau cara agar video instagram kalian tidak menjadi autoplay. Mari simak panduannya;

Baca Juga :

Cara Masuk Instagram Yang Tak Banyak diketahui Pengguna

Cara menghapus akun Instagram

Cara Mematikan Autoplay Video Instagram agar Tak Boros Kuota

Untuk menanggapi keluhan pengguna akan hal tersebut, salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh developer aplikasi Instagram ini adalah dengan menyediakan setting mematikan atau menonaktifkan fitur autoplay video pada Instagram.

Tapi sangat disayangkan, Instagram tidak menyediakan fitur untuk menonaktifkan autoplay video secara disable atau permanen. Tentu saja langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna Instagram adalah dengan memastikan jika video-vidoe tersebut tidak dalam posisi loading saat terhubung dengan koneksi internet.

Berikut cara mematikan fitur autoplay video Instagram untuk perangkat berbasis iOS dan Android yang cepat dan efektif agar kuota internet tak tersedot habis olehnya:

1. Masuk Halaman Profil

setting profil ig

@bohimmv

Bukalah aplikasi Instagram dan masuk ke halaman Profil dengan menekan ikon siluet orang yang ada pada tampilan layar.

2. Masuk Pada Setting Instagram

cara setting auto play video di instagram

Instagram iPhone Setting

Kemudian masuklah pada Setting (untuk smartphone android, kalian bisa melakukan tap pada ikon tiga titik vertikal yang terletak di pojok kanan halaman Profile, sementara untuk pengguna iPhone tap pada ikon roda bergerigi).

3. Pilih Cellular Data Use / Penggunaan data seluler

cara menghentikan video otomatis di instagram 2018Pada tampilan halaman Setting, geserlah layar ponsel sampai ke bawah hingga menemukan opsi “Cellular Data Use”.

4. Pilih Use Less Data / Gunakan Lebih Sedikit Data

cara mematikan video di instagram terbaru

Gunakan Lebih Sedikit Data

Setelah masuk pada Cellular Data Use, pilihlah “Use Less Data” untuk bisa menghentikan video preloading ketika ponsel kalian sedang terhubung dengan internet. Tapi yang harus kalian tahu, koneksi jaringan yang menggunakan Wi-Fi, maka video-video tersebut masih akan terus berada dalam kondisi pre-loading. Tapi tak masalah kan jika tak menggunakan paket data? hehe

Cara Mematikan Autoplay Video Instagram yang telah kalian baca di atas berfungsi untuk mematikan fitur autoplay video Instagram selain itu juga membuat pre-loading video menjadi lambat. Pengaturan ini juga bermanfaat untuk bisa menghentikan pre-loading foto ketika pengguna sedang membuka aplikasi Instagram. Hal ini tentu berguna sekali bagi para pengguna Instagram untuk dapat menghindari penggunaan paket internet yang berlebihan.

Demikian ulasan tentang cara mematikan autoplay video Instagram secara efektif agar kuota internet tak boros. Cara ini dinyatakan ampuh bagi kalian yang ingin menghemat paket data. Semoga bermanfaar dan selamat untuk mencoba !

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: