13 Daftar Film Hacker Terbaik + Sinopsis, Yang Bikin Kamu Ingin Kuliah Jurusan IT

film hacker terbaik
Cc – Youtube.com

Halo sobat Smarttekhno yang mimin sayang. Sebagai pecinta teknologi tentunya kalian tahu apa itu hacking atau hacker. Bahkan mungkin kalian juga salah satu dari para hacker kelas dunia. Wow! Mimin juga yakin kalau kalian tidak akan melewatkan film-film hacker yang ada. Tapi di antara begitu banyak film hacker, manakah yang terbaik? Kali ini akan mimin tunjukkan mana saja film hacker yang paling baik dan bikin kalian makin demen sama dunia IT.

Tapi siapa sih sebenarnya hacker itu?

Film hacker terbaik 2018
CC Tower Fasteners

Pada umumnya orang-orang mengenal hacker sebagai seseorang atau sekelompok orang yang biasa memodifikasi, menerobos dan menganalisa sebuah jaringan virtual. Jadi dengan bisa melakukan hal tersebut tentu sang hacker bisa mengolah data yang telah di tembusnya tersebut untuk tujuan tertentu. Tidak hanya sekedar paham IT, para hacker yang terbiasa dengan komputer dan internet sangat memahami seluk-beluk teknologinya baik software maupun hardware-nya.

Bahkan hacker kelas kakap digambarkan mampu menerobos jejaring keamanan bank maupun satelit, keren gak tuh? Yuk, simak langsung ulasannya dibawah ini.

Daftar 13 Film Hacker Terbaik Versi Smarttekhno Beserta Sinopsis Lengkapnya.

Who Am I: No System Is Safe? (2014)

Film Hacker Terbaik Paling Populer

Film ini merupakan garapan sutradara Baran Bo Odar yang mengangkat cerita nyata tentang sekelompok hacker di Jerman yang bekerja secara tersembunyi dan rapi.

Kelompok yang hacker dalam film ini menamakan dirinya CLAY dengan topeng badut yang dikenakannya (terinspirasi dari topeng di film “V for Vendetta”). Awal cerita dari film ini adalah perjumpaan Benjamin (diperankan Tom Schilling), seorang remaja yang kurang gaul dan penyendiri, dengan Max (diperankan Elyas M’Barek).

Kedua tokoh tersebut memiliki ketertarikan dan pekerjaan yang sama sebagai hacker. Max lalu memperkenalkan Benjamin dengan Stephan (diperankan Wotan Wilke Mohring). Perkenalan ini lalu menjadi awal terbentuknya kelompok hacker bernama CLAY.

Film ini memiliki beberapa adegan yang menegangkan. Alur cerita yang rapi dengan konflik yang kuat membuat penonton kesulitan mengatur detak jantung dan adrenalinnya. Terlebih lagi film ini mengadopsi cerita nyata. Sangat sayang jika para sobat smarttekhno belum nonton film hacker terbaik yang satu ini.

Film hacker Terbaik 2011

The Girl With the Dragon Tattoo (2011)

film hacker terbaik
Sky.com

Film hacker terbaik yang selanjutnya akan menjadi ulasan mimin adalah film The Girl With the Dragon Tattoo.

Film hacker ini akan membawakan cerita teknis bagaimana para hacker bekerja secara rinci nih sob, di tambah lagi cerita yang tersaji di film The Girl With the Dragon Tattoo ini cukup mencekam.

Film yang semula dibuat di negara Swedia ini dibintangi oleh Noomi Repace, berperan sebagai Lisbeth Salander selaku penyidik masalah hacker komputer.

Kemudian perusahaan dari film Hollywood membuat ulang, dengan Rooney Mara memainkan peran sebagai Salander. Seorang wartawan bernama Mikael Blomkvist menyewa Salander untuk menyelidiki sebuah tuduhan pembunuhan, yang kemudian membuat sang wartawan harus berada dalam masalah rumit.

Jadi cerita yang ada dalam film hacker ini adalah tentang seorang penyidik hacker komputer bernama Salander yang di sewa oleh seorang wartawan bernama Mikael Blomkvist.

Tugas dari Salander adalah untuk menyelidiki sebuah kasus tuduhan pembunuhan, akankah kasus tersebut akan terpecahkan di tangan sang Salander?

Film hacker Terbaik 2015

Mr. Robot (2015)

Film Hacker Terbaik Serial

Siapa sih yang tidak kenal Rami Malek?

Mr. Robot merupakan sebuah film hacker sekuel yang saat ini telah memasuki Season 3. Menceritakan seorang hacker dengan kepribadian ganda atau multi, yang dibintangi Rami Malek sebagai Elliot Alderson dan Cristian Slater sebagai Mr Robot.

Film ini berkisah tentang sekelompok hacker bernama f-society yang berusaha mengubah dunia dengan menjatuhkan perusahaan besar bernama e-corp yang menguasai dunia. Termasuk juga perusahaan yang telah membuat ayahnya meninggal terkena kanker.

Banyak hal menarik yang ditemukan dalam film ini. Mulai dari memperlihatkan langsung aksi peretasan, sekelompok hacker berbahaya dari kelompok dark army, sampai memperlihatkan adegan-adegan menegangkan yang belum terdapat dalam film hacker lainnya.

Seperti apa ya kira-kira? Yuk cus langsung ditonton saja.

Black Hat (2015)

Film Hacker Terbaik – Black Hat

Cobalah untuk menonton BlackHat jika kamu ingin tahu kejamnya dunia hacker pada kontemporer. Film ini dibintangi oleh artis Chris Hemsworth, yang melaksanakan tugas gabungan bersama Kepolisian Amerika dan China untuk melacak jaringan cybercrime tingkat tinggi di seluruh dunia.

Dalam Film Hacker ini dikisahkan seorang Nicolas Hathaway (Chris Hemsworth ) seorang hacker ‘MIT’ yang menjadi narapidana diberikan kesempatan kerja sama untuk menangkap pelaku Cybercrime dengan imbalan bebas dari hukuman. Dalam pengejarannya, Chris melawati banyak petualangan, dan terpaksa harus mengejar pelaku sampai ke Indonesia, aksi-aksi itulah yang membuat film ini semakin seru untuk ditonton. Apalagi ceritanya mampir ke negara kita, meski dalam artian buruk wkwk..

Konflik yang rumit dalam film ini memang mengharuskan kita untuk lebih berpikir keras, namun tidak menghilangkan kenikmatan menonton kita. Alur yang sulit ditebak dari film ini sangat berkesan bagi mimin. Sebenarnya yang paling enak sih di bagian dapet cewek cakepnya, hehe.

Film hacker Terbaik 2013

The Fifth Estate (2013)

The Fifth Estate (2013)

Teman-teman tahu sebuah situs bernama WikiLeaks? nah film hacker ini menceritakan tentang pendiri dari situs tersebut yang bernama Julian Assange.

Julian Assange merupakan seorang hacker yang mencuri perhatian warga Amerika Serikat lho teman-teman, bahkan mungkin mencuri perhatian seluruh dunia.

Pada film The Fifth Estate ini karakter Julian Assange di perankan secara bagus oleh aktor bernama Benedict Cumberbatch.

WikiLeaks merupakan situs yang menjadi Whistle Blower untuk membocorkan kebohongan- kebohongan pemerintah yang dinilai korup dan bobrok. Bekerja sama dengan hacker lainnya, WikiLeaks menjadi portal yang mencuri perhatian dunia.

Tentu saja konten dari WikiLeaks merupakan konten yang di buat dengan tokoh hacker lainnya.

Dalam film The Fifth Estate ini terdapat cerita dan berbagai konflik yang terjadi, mungkin bisa membuat teman-teman akan sangat suka menonton film The Fifth Estate yang telah berhasil di rilis pada tahun 2013 ini.

5 film hacker di atas merupakan film-film hacker terbaik yang paling mimin rekomendasikan sob.. Kalau sudah khatam sobat smarttekhno.com bisa coba cek 8 film hacker terbaik lainnya yang tentunya masih terbilang keren-keren juga.

Hacker (2016)

Hacker 2016

Di akhir tahun 2016, hadir sebuah film hacker bank yang mengusung inti tema berupa kejahatan di dunia cyber. Film Hacker atau yang juga dikenal dengan judul Anonymous ini merupakan tontonan berdurasi yang mengeksekusi cerita dari skenario yang ditulis oleh Sanzhar Sultan dan Akan Satayev. Deretan name aktor yang mengisi perannya dalam film hacker pembobol bank ini antara lain Callan McAuliffe, Lorraine Nicholson, dan Daniel Eric Gold.

Alex, remaja yang ahli dalam pemrograman komputer sekaligus imigran asal dari negara Ukraina harus membantu ekonomi keluarganya yang sedang tersendat dengan melakukan sejumlah pekerjaan ilegal di Internet. Dia juga tidak sendirian, ada Sye yang tak lain adalah sahabatnya dan Kira, hacker muda yang ternyata bekerja sebagai mata-mata dari FBI, yang berniat membantu Alex dalam melakukan aksi pencurian identitas di instansi perbankan. Timbul kekacauan setelah ulah yang mereka lakukan hingga mengundang perhatian dari sosok Z, pria bertopeng misterius yang ternyata adalah pimpinan kelompok penjahat. Z ini juga bukanlah sosok yang sembarangan karena dia adalah salah satu nama dalam daftar pencarian teratas agen FBI.

Hayooo.. Sobat smarttekhno masih berani coba-coba hacking??

Swordfish (2001)

Film ini meskipun terbilang cukup tua di antara film-film hacker yang mimin sebutkan, tapi masih recomended kok sob. Bercerita tentang seorang hacker bernama Stanley Jobson (diperankan oleh Hugh Jackman) yang merupakan hacker pro. Namun kemampuannya sering digunakan hanya untuk kepentingan pribadinya yang sekaligus melanggar hukum. Maka tidak heran jika ia sering keluar masuk penjara akibat ulahnya membobol sistem secara ilegal tersebut.

Kelakuannya itu malah membuat hidupnya tidak karuan. Bahkan istrinya memutuskan untuk berpisah darinya karena sudah tidak tahan dengan si Stanley. Tidak cukup dengan berpisah, istrinya juga membawa serta putri mereka untuk tinggal bersamanya. Karena ia menganggap Stanley tidak akan bisa mengasuh putri mereka. Tak lama kemudian ia menikah lagi dengan seorang sutradara. Yah, meskipun sutradara dari film porno sih.

Semenjak ditinggal pergi oleh istri dan putrinya, hidup Stanley semakin terpuruk. Ia tidak memiliki uang untuk bisa menemui mereka berdua. Hingga seorang wanita yang mengaku sebagai Ginger (diperankan oleh Halle Bery) datang menemuinya. Ginger mengatakan bahwa ia membutuhkan Stanley untuk melakukan sebuah pekerjaan dan menjanjikannya bayaran yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, ia juga berjanji akan mempertemukan Stanley dengan istri dan putrinya apabila berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

Stanley langsung menyanggupi pekerjaan tersebut. Ternyata ia ditugaskan untuk melakukan peretasan dengan membobol sistem keamanan sebuah bank. Dalang dari aksi ini adalah Gabriel Shear (diperankan oleh John Travola). Gabriel merupakan mantan agen moshad-Israel yang memiliki dendam tersendiri terhadap pemerintah. Ia menganggap uang yang berada di bank tersebut bukanlah hak milik pemerintah, sehingga sah-sah saja jika ia mengambilnya. Ia pun memanfaatkan Stanley dalam proses pembobolan sistem keamanan bank tersebut.

Apakah pekerjaan Stanley mampu diselesaikan? Apakah aksinya tidak terlacak? Berhasilkah ia bertemu dengan istri dan putrinya? Cus tonton saja sob..

Untraceable (2008)

Film ini bisa dikatakan sebagai film hacker bergenre thriller, karena di dalamnya juga terdapat adegan pembunuhan berantai oleh seorang misterius yang menjadi buronan FBI. Sosok tersebut bisa dibilang sebagai sosok psikopat. Bagaimana tidak, ia mengunggah “hasil kerjanya” ke alamat situs KillWithMe.com yang kemudian berubah ke alamat situs lain hingga sulit dan bahkan tak terlacak alias untreaceable.

Kalau sobat smarttekhno tidak asing dengan deepweb, tentunya situs-situs aneh bin serem kayak gitu bisa jadi benar-benar ada sesuai reputasinya.

Kembali ke inti film, Dua agen FBI yang bertindak menumpas kasus kejahatan di dunia maya, Jennifer Marsh (Diane Lane) dan Griffin Dowd (Colin Hanks), harus bekerja sama untuk mengungkap siapakah dalang di balik kejahatan tersebut. Dibantu dengan detektif Eric Box (Billy Burke), mereka terus berupaya untuk menghentikan kasus pembunuhan berantai tersebut yang pada akhirnya dia sendiri yang terancam dalam proses dari pembunuhan tersebut.

Boy 7 (2015)

Dengan menyandingkan tiga genre film msekaligus, Boy 7 yang disutradarai oleh Lourens Blok ini menjadi sebuah tontonan seru bagi Anda yang terobsesi dengan kegiatan hacking. Boy 7 yang berada di bawah naungan Lemming Film dan didistribusikan oleh A-Film Benelux MSD ini dilakoni oleh aktor dan aktris terkenal seperti Matthijs van de Sande Bakhuyzen, Tygo Gernandt, dan aktris Ella June.

Cerita Boy 7 berpusat pada Sam, seseorang yang tidak bisa megingat identitasnya setelah mendapatkan kesadarannya kembali. Terbangun di sebuah gerbong kereta, dia tidak tahu kenapa bisa berada di sana, mau ke mana dia pergi, dan bahkan tak tahu namanya sendiri. Hanya dengan bantuan yang terdapat di dalam ranselnya, perlahan tapi pasti Sam mulai mengetahui banyak hal dan menyadari bahwa hidupnya sedang berada di tengah ancaman bahaya yang besar.

Firewall (2006)

film hacker terbaik 2017
dvdmoviemenus.com

Ini adalah film paling tua usianya di antara semua film hacker yang mimin sarankan. Kenapa film ini muncul dalam daftar? Tentu saja karena kualitasnya yang jauh lebih unggul dibandingkan film lainnya.

Firewall mengisahkan tentang seorang pekerja bernama Jack Stanfield. Dia adalah seorang ahli komputer yang sudah sangat terkenal. Keahliannya ialah untuk membuat sistem keamanan dalam sebuah jaringan komputer. Bukan hanya itu, Jack juga dikenal mampu membuat sistem keamanan yang rumit dan anti-bobol. Karena akses-akses kode yang hanya ia saja yang tahu, hampir tidak mungkin menjebol sistem keamanan jaringan komputer yang ia buat.

Selain dikenal sebagai seorang ahli komputer dan jaringan, Jack juga seseorang yang memiliki kehidupan keluarga ideal. Sebagai seorang pria, ia bisa dianggap telah sempurna kebahagiaannya.

Namun ketenteraman itu tiba-tiba menghilang karena suatu krisis. Seorang social engineer bernama Bill Cox mempunyai niat jahat kepada Jack. Ia menahan Jack dan keluarganya di suatu tempat. Lalu memaksa Jack untuk menjebol sistem keamanan absolut yang ia buat sendiri.

Bill ternyata mengincar dana para nasabah kaya untuk dikirim ke rekening miliknya. Tentu saja jack tidak menginginkan hal itu terjadi. Namun jika ia tidak mau bekerja sama, maka keluarganya akan celaka. Akhirnya Jack memiliki cara lain untuk memecahkan masalah tersebut. Apakah itu? Kalau sobat smarttekhno penasaran, langsung saja tonton filmnya..

Film hacker Terbaik 2017

iBoy (2017)

Naah kali ini bagian film hacker yang tidak terlalu serius dan teknis. Mimin punya rekomendasi film fantasi yang bercerita tentang dunia hacking. Masih baru loh..

Film ini diproduksi oleh perusahaan ternama, yaitu Netflix. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Tom yang awalnya ingin mencoba dan menghentikan kekerasan yang terjadi kepada seorang gadis cantik bernama Lucy.

Tapi naas ia malah mengalami kejadian tragis yaitu kepalanya tertembak yang mengakibatkan ia mengalami koma di rumah sakit.

Ketika ia terbangun dari koma, tak disangka ternyata Tom segera menyadari ada Fragment Smartphone tertanam di otaknya dan membuatnya memiliki kemampuan layaknya superhero.

Film hacker terbaik yang satu ini berbeda dari film hacker pada umumnya, iBoy merupakan film hacker dengan kemampuan super yang mampu mengendalikan sistem hanya dengan mengandalkan pikirannya saja.

Tom yang dapat mengendalikan system jaringan komputer dan telepon ini berniat melukakan aksi balas dendam dengan mencari penjahat atas kejadian yang menimpa dirinya. Pasti penasarankan bagaimana aksi hacker yang satu ini?

The Throwaways (2015)

daftar film hacker
Official Movie Trailer – Teasers-Trailers

Film The Throwaways memang belum layak dianggap sebagai film tentang hacker terbaik. Meski begitu, sebagai seorang pecinta “ilmu hitam” dalam urusan IT, patutlah kita memasukkan The Throwaways ke dalam daftar film hacker barat favorit. Film tentang kejahatan hacker yang dimotori oleh Tony Bui dengan menarasikan hasil tulis Don Handfield dan Michael Ross ini berpusat pada seorang ahli retas bernama Drew Reynolds.

Drew Reynolds kala itu tengah dijatuhi beberapa pilihan setelah tertangkap oleh CIA. Dia harus memilih apakah ingin bekerja membantu agen CIA atau menghabiskan sisa hidupnya dengan mendekam di dalam jeruji besi. Dengan berpikiran tak ingin menjadi narapidana seumur hidupnya, Reynolds lebih memilih untuk membantu dan dia langsung membentuk sebuah tim bernama Throwaways, sebuah tim yang berisikan orang-orang yang dianggap terbuang dengan tujuan menangkap target yang paling dicari CIA.

Snowden (2016)

daftar film hacker terbaik
South China Morning Post

Berada di posisi terakhir bukan berarti film ini jelek ya sob. Akan tetapi berdasarkan pengalaman pribadi mimin, memang film ini kurang greget dibanding film lainnya. Sebenarnya ukuran film yang keren kan juga subjektif. Alasan film ini muncul dalam daftar yang mimin buat adalah karena kualitas atau bobot ceritanya yang bagus.

Kalau sobat smarttekhno gandrung teknologi, wajib hukumnya untuk memahami kasus yang menimpa Edward Snowden. Film hacker ini merupakan adopsi dari kisah nyata yang dialami Edward Snowden.

Edward Snowden yang diperankan oleh Joseph Gordon Levitt merupakan mantan kontraktor teknik Amerika Serikat dan juga karyawan CIA yang menjadi kontraktor untuk National Security Agency (NSA) sebelum membocorkan ribuan file informasi program mata-mata rahasia NSA pada dunia.

Dokumen yang dibocorkan membawa kesimpulan bahwa pemerintah AS selama ini memata-matai warganya sendiri secara menyeluruh. Bahkan mereka memiliki akses terhadap semua kamera yang ada di dalam wilayah AS, selama terkoneksi internet. Termasuk kamera smartphone yang hampir semua warga AS memilikinya.

Skandal yang Edward Snowden buat tentu saja membuat gaduh dunia. Hingga membuatnya menjadi orang paling dicari di seluruh dunia, baik sebagai pahlawan maupun pengkhianat.

Pokoknya ngeri kalau tahu bagaimana negara memanfaatkan teknologi untuk mengawasi kita, hiiii…

Baiklah sob.. Itu semua adalah 13 Film Hacker terbaik yang mimin bisa sampaikan dan rekomendasikan. Jadi kalian sekarang makin ngebet ingin kuliah di jurusan IT apa nggak sob?? Mau kuliah di MIT?? Atau mau otodidak seperti kebanyakan tokoh utama film-film di atas??

Semoga kalian semua suka dengan daftar yang mimin buat ini. Sampai jumpa di artikel-artikel keren lainnya. Daftarkan emailmu agar selalu mendapat notifikasi jika mimin update post lagi. Oh Jangan lupa juga untuk share ke temen-temenmu tentang daftar film hacker terbaik ini, mungkin saja juga tertarik.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: