Gus Baha – Ustadz Idaman Para Kaum Milenial

GUS BAHA TERBARU

Gus Baha – SEBUAH agama tidak hanya harus dimengerti, melainkan juga dipahami dan dapat ditelaah secara logika. Ya, salah satu ustadz yang bisa menarik perhatian para jamaahnya melalui pembawaanya yang tenang renyah adalah Gus Baha Oase.

Gus Baha yang memiliki nama asli KH. Bahauddin bin Kiai Nursalim menjadi idola para santri dan umat muslim milenial. Menurut postingan media sosial yang diunggah oleh Ronny Leung, ustadz Gus Baha memang terkenal dengan cara mengajinya yang selow dan renyah.

Ngaji Gus Baha’

Alhasil penjelasan dan logikanya seputar agama dapat diterima dengan sangat baik oleh para milenial masa kini. Dalam beberapa ceramahnya, Gus Baha kerap menyindir orang yang mengajinya belum tuntas. Tentu saja sindiran tersebut bukan tanpa arti, tetapi banyak makna yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga : Gus Baha – Cerita Abunawwas

“Kang, kalau jadi santri itu ngajinya ya harus selesai/khatam, biar bodohnya tidak terlalu. Gini ya kang, bodoh itu ya ada aturannya. Saya kasih tahu cara berpikir. Contohnya, kalau ada orang yang bilang bahwa dia Jumatan di Makkah, itu nanti bilangin saja begini: Mbah, Kang, kalau jadi Wali ya harus masuk akal. Kalau membohongi ya yang sedikit rasional. Kok bisa bagaimana?,” ucap Gus Baha dalam postingan tersebut.

Ia pun secara tidak langsung mengimbau para masyarakat bisa lebih kritis dalam menerima suatu hal. Ya, salah satu caranya adalah dengan dipikirkan terlebih dahulu sebelum bertindak dan jangan percaya bulat-bulat dengan perkataan seseorang.

“Jadi jelas, bahwa orang yang bilang begitu itu termasuk Wali yang tidak masuk akal, tidak rasional. Alias Wali bohong-bohongan. Kasih tahu saja, kalau berbohong ya mbok ya sedikit rasional, pakai ilmu, biar lebih masuk akal,” lanjutnya.

Gus Baha sendiri mengaku gelisah dengan orang-orang yang suka mengumbar dalil ketika terjadi sebuah bencana. Menurutnya yang mengetahui bencana tersebut sebvuah azab atau bukan hanyalah Allah. Di tengah maraknya para ustadz-ustadz yang mencari popularitas dengan mengumbar kebencian, Gus Baha tetap konsisten dengan pembawaanya yang santai.

Gus Baha mengaku menjauhi popularitas dan memilih untuk berada di jalur sunyi, jalur keilmuan. Cara berpikir ustadz Gus Baha yang khas, dan sikap bijaknya, jadi paradoks di tengah maraknya ustadz yang suka kecam sana-sini.

Baca Juga : Mengenal Gus Baha’

(ren- Okezone ) #gusbaha #gusbaha’ #ngajikyai

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: