12+ Jurusan Kuliah IPS Terbaik di Indonesia Beserta Prospek Kerjanya

Jurusan kuliah IPS terbaik apa aja, sih yang ada di Indonesia beserta penjelasan dan prospek kerjanya?

Mungkin kalian lagi bingung memilih jurusan yang tepat buat lanjutin sekolah ke jenjang selanjutnya, ya memang saking banyaknya jurusan. Apalagi kalau kalian adalah anak kelas 12 yang sudah disibukkan dengan persiapan ujian akhir.

daftar jurusan kuliah ipa dan penjelasannya

Via Brilio.net

 

Baca Artikel  Tips memilih Laptop Untuk Kuliah

Kali ini smarttekhno.com akan memberikan daftar Jurusan Kuliah untuk kalian yang pada saat sma mengambil jurusan IPS. Harapannya daftar jurusan kuliah ini membantu.

Hubungan Internasional

 

Jurusan Kuliah HI

Hubungan Internasional Via Santri PPKn

Jurusan Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang prestisius dan memiliki grade tinggi. Para mahasiswa yang masuk pada jurusan ini mempelajari segala sesuatu yag berhubungan dengan aktivitas interaksi yang melintasi batas antar negara, kayak seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PPKN).

Prospek kerja untuk kalian yang mengambil jurusan HI ini antara lain:

  • Diplomat
  • Konsultan Politik
  • wartawan internasional
  • Konsultan Imigrasi‍

Jurusan Pendidikan

kuliah Jurusan Pendidikan

Cambridge University Press
Teacher in kids class around tablet

Saat ini, bidang pendidikan di Indonesia membutuhkan banyak sekali tenaga yang kompeten. Negara kita butuh anak-anak muda yang kreatif dan inovatif untuk membentuk sistem pendidikan yang lebih efektif, efisien, dan pastinya mampu mengatasi masalah pendidikan yang kompleks dinegeri ini.

Setiap tahunnya, ada sekitar 75 ribu guru yang sudah pensiun. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, jumlah usaha bidang pendidikan di Indonesia mencapai 619,947 usaha, yang kebanyakan adalah usaha mikro dan kecil, seperti tempat kursus private dan startup. Belum lagi berdasarkan data Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP), rasio perbandingan antara guru dan murid di Indonesia adalah satu banding lima belas, sedangkan UNESCO menetapkan setidaknya perbandingan 1:26 guru. Artinya, kondisi ini menjadi lahan subur bagi lulusan dari bidang pendidikan.

Prospek kerja Jurusan Pendidikan :

  • Guru
  • Tenaga Ahli
  • Pendidik

Kuliah Psikologi

Jurusan Psikologi mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga mempelajari alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal.

Cocok untuk kalian yang suka pelajaran: Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini adalah :

  • Psikolog Konseling‍
  • Psikolog Klinis
  • Psikolog Organisasi Industri‍
  • Terapis Pernikahan dan Keluarga (Marriage and Family Therapists)‍

Jurusan Akuntansi

Daftar kuliah Jurusan Akuntansi

Via Mamikos

Akuntansi adalah salah satu program/jurusan kuliah yang mempelajari tentang perihal menghitung, membukukan keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, serta standar profesional dan etika akutansi.

Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan menjanjikan dengan gaji yang menggiurkan. Setiap perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi untuk menghitung laba dan rugi perusahaan. Laporan ini selain untuk mengevaluasi kinerja perusahaan juga membantu menentukan strategi masa depan suatu perusahaan agar tetap berjalan dan mendapatkan profit sebanyak-banyaknya.

Cocok untuk kalian yang suka pelajaran: Matematika, Akuntansi

Prospek kerja jurusan akuntansi :

  • Akuntan
  • Pemeriksa Keuangan ‍
  • Manajer Keuangan‍

Ekonomi Pembangunan

kuliah jurusan Ekonomi Pembangunan

Via Bastamanography

Ekonomi Pembangunan yang mempelajari aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan di negara berkembang, seperti contoh negara Indonesia.  Secara spesifik ekonomi pembangunan mempelajari persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi

Prospek kerja untuk jurusan ini:

  • Perencana keuangan,
  • Ekonom‍, Pengajar Ekonomi
  • Pembuat kebijakan pembangunan

Perpajakan

Jurusan Perpajakan ialah jurusan yang mempelajari bidang perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Nantinya, lulusan perpajakan diharapkan mampu menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan berdasarkan wilayah masing-masing. Mereka juga harus bisa menyelesaikan masalah administrasi perpajakan, dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku diwilayah tersebut.

Cocok untuk kalian yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi

Prospek kerja jurusan perpajakan ini:

  • Konsultan Bea Cukai‍
  • Penilai (Pajak dan Keuangan)‍
  • Ahli Perencanaan Pajak‍ ‍

Kriminologi

kuliah jurusan kriminologi

kuliah jurusan kriminologi Via Smarttekhno.com

Kriminologi merupakan gabungan dari ilmu Hukum, Sosiologi, Psikologi, Politik, juga ilmu Jurnalistik. Di program studi ini kalian akan melakukan penelitian sosial untu menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan, kenakalan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum.

Disini kalian akan belajar untuk melihat suatu tindak kriminal dari kacamata si pelaku dan juga korban, terutama dari aspek psikologis nya.
Bagaimana lingkungan sekitar dan interaksi dengan keluarga sampai dengan masyarakat memengaruhi tindak kriminal.

Dari aspek hukum, kalian dapat menelaah berbagai pelanggaran hukum dan pasal-pasal yang dilanggar. Hingga nantinya kalian dapat menuliskan narasi berita kriminal yang berimbang.

Serunya lagi, di prodi ini kalian juga akan belajar tentang reka ulang perkara, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah. Disini kalian akan menganalisa berbagai tindak kejahatan yang lingkupnya sangat luas, mulai darri kenakalan remaja yang kecil, kejahatan yang bersifat gaib seperti santet, cybercrime, hingga terorisme yang berskala internasional.

Jika dibandingkan dengan jumlah kejahatan sekarang yang terus meningkat, profesi Kriminolog masih sedikit. Saat ini Indonesia, bahkan dunia, masih membutuhkan lebih banyak orang yang mau berkecimpung di profesi yang kurang terlalu populer ini. Sebagai lulusan Kriminologi, prospek karir mu akan terbuka di berbagai lembaga penegak keadilan, seperti kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman dan sebagainya.

Kalau kalian juga peduli akan tindak kriminal korupsi yang merajalela, sebagai lulusan Kriminologi, kesempatan kalian berkarir di KPK pun akan sangat terbuka lebar. kalian juga dapat mmenjadi jurnalis indepth yang menyajikan ulasan berita yang mendalam di media massa terkait tindak-tindak kriminal.

Jurusan Kuliah Sosiologi

Mahasiswa program studi Sosiologi mempelajari interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain dan pengaruhnya terhadap terbentuknya struktur sosial masyarakat yang baik. Mereka mencari penyebab perubahan situasi masyarakat, mengkaji akibat yang ada, dan mencari solusinya. Dengan cakupannya yang sangat luas, Sosiologi bisa dikerucutkan menjadi beberapa kategori program studi seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, dan Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Gender, dan lain sebagainya.

Kalau kalian suka dengan peneletian sosial, turun langsung ke masyarakat di kota ataupun di daerah, Sosiologi sangat tepat bagi kalian. Belajar di program studi sosiologi akan membantu kalian untuk memahami fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan lebih ilmiah.

Lulus dari jurusan Sosiologi, kalian akan memeroleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos) dan memiliki peluang untuk berkarir di bidang pemberdayaan sosial dan sumber daya manusia. kalian dapat berkarir di berbagai lembaga pemerintah terkait, misalnya Departemen Sosial, Departemen Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lain-lain. Di instansi swasta kalian juga punya kesempatan untuk berkarir di berbagai lembaga survey dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai sektor. Selain itu, lulusan Sosiologi juga bisa terjun ke ranah akademis menjadi pengajar dan peneliti.

Ilmu Komunikasi

Kuliah Komunikasi

Via gabriellagiudici.it

Jurusan Kuliah IPS Komunikasi adalah suatu kajian ilmu yang sangat luas dan intens, pasalnya dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari komunikasi bukan?. Tapi jangan kira kalau ilmu komunikasi itu cuma pelajaran ngomong saja!
Tahu nggak, kalau komunikasi itu ada banyak macemnya, mulai dari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, hingga komunikasi massa.
Ilmu Komunikasi ini adalah induk dari ilmu turunannya yang lain seperti Jurnalistik, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Adveritising), Performing Arts Communication, dan lain-lain.
Pada program studi Ilmu Komunikasi kita diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Lulusan program studi Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunkasi (S.I.Kom)

Di program studi Ilmu Komunikasi, yang dipelajari bukan hanya cara bicara dengan orang lain. Ilmu komunikasi tidak hanya diperuntukkan untuk orang yang suka ngomong atau ekstrovert saja, karena Ilmu Komunikasi sangat luas cakupannya. kalian yang suka menulis, desain grafis, dan fotografi juga cocok jadi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Pelajaran yang disuguhkan di program studi komunikasi ini juga sangat seru-seru, seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, film, dan masih banyak lagi.

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, kalian akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Kita bisa juga bilang kalau Ilmu Komunikasi itu adalah gabungan antara ilmu dan seni dalam mengolah pesan(v). Dengan belajar Ilmu Komunikasi, kalian akan belajar memahami apapun yang terjadi selama komunikasi itu berlangsung.

Komunikasi dibutuhkan dalam segala hal yang kita lakukan sehari-hari. Karena pada dasarnya ilmu komunikasi itu lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional, nggak heran kalau prospek lulusan Ilmu Komunikasi juga sangat luas.

Lulusan Ilmu Komunikasi nggak hanya bisa berkecimpung di industri media, tapi juga di berbagai macam organisasi. Sebagai humas atau PR di perusahaan atau di pemerintahan, pengamat komuikasi politik, pengamat media, masih banyak, deh pokoknya!

Baca Juga Tips Komunikasi Lewat WA

Ilmu Hukum

jurusan ilmu hukum

Hukum Via apr.org

Jurusan Kuliah IPS Ilmu Hukum, kalian nantinya ketika sudah jadi mahasiswa akan mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkahlku supaya tidak merugikan orang lain fungsinya.

Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, selain itu juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Tetapi, pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami pada dunia realitanya.

Apabila kalian punya kepedulian terhadap hukum di negara tercinta Indonesia, maka program studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat buat kalian. Memang, situasi hukum di Indonesia masih jauh dari status ideal. Penyelewengan dan pelanggaran hukum masih sering terjadi disana sini. Meskipun lulusan sarjana hukum sudah banyak, tapi praktek hukum pada dasarnya masih sangat lemah.

Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum, kalian akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), setelah itu kalian bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa. Selain itu kalian juga dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris.

Untuk menjadi notaris, kalian harus melalui pendidikan kenotariatan terlebih dahulu. Selain profesi-profesi klasik tersebut, sebagai lulusan Ilmu Hukum kalian juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan sebagai legal staff atau di bagian personalia/HRD.

Ilmu Politik

kuliah jurusan ilmu politik

FOCUS | Fisipol UGM

Jurusan Ilmu Politik membekali para mahasiswanya teori dan praktik politik. Karena prodi ini mengajarkan lebih banyak teori tentang berbagai macam sistem politik yang ada di dunia, maka kalian harus sering melakukan riset dan terus bersikap kritis saat menjadi mahasiswa ilmu politik.

Mahasiswa juga harus memiliki daya analisa yang kuat dalam memahami peristiwa-peristiwa sejarah yang mempengaruhi terbentuknya struktur politik suatu negara. Kajian yang paling dikenal dalam Ilmu Politik adalah demokrasi, sistem politik, birokrasi, hak asasi manusia, dan etika sosial politik serta masih banyak lagi.

Jika kalian tertarik mengenai sistem yang membentuk aspek sosial masyarakat, maka Ilmu Politik adalah pilihan yang cocok. Ilmu Politik bisa mendorong kalian untuk bersikap kritis. Lulusan Ilmu Politik harus bisa bersikap cerdas, tertata, dan yang paling penting menggunakan ilmunya untuk kepentingan rakyat, apa kalian tertarik?

Setelah Kalian Lulus dari jurusan ini, kalian mempunyai peluang kerja yang sangat fleksibel. Bisa tetap di bidang politik sebagai politikus, team pengamat politik, anggota partai politik, atau anggota DPR.

Namun banyak juga lulusan yang kemudian berkecimpung di bidang akademis, sebagai peneliti, dosen, atau analis politik. Lebih jauh dari kedua bidang tersebut, ada juga lulusan yang bekerja di bidang ekonomi, perbankan, dan bisnis. Jadi jangan minder jurusan ips, masih banyak jurusan kuliah yang lain.

Administrasi Bisnis

Program studi Administrasi Bisnis atau yang kerap disebut sebagai Administrasi Niaga akan mengajak kalian untuk mempelajari segala sesuatu terkait kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti halnya kegiatan pemasaran (marketing), pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga kegiatan produksi.
Tidak hanya belajar menjalankan bisnis, kalian juga akan belajar untuk menciptakan sebuah produk sendiri. Bisnis yang dimaksud bukan sekedar menjual kembali produk dan mengambil keuntungan, melainkan menciptakan nilai pada produk yang akan dipasarkan.
Administrasi Bisnis pastinya juga mempelajari segala urusan klarikal kantor, mengelola sarana dan prasarana kantor, memproses data secara akurat, dan bahkan mengelola informasi yang berhubungan dengan pekerjaan kantor begitu {seperti arsip}.

Jurusan kuliah ini sangat sesuai dengan kalian yang memiliki ketertarikan dalam bidang pengurusan dokumen namun tidak mau terjebak dalam pengurusan dokumen saja. Jurusan ini akan mengajak kalian bagaimana menjalankan sebuah bisnis, bagaimana mengurus berbagai macam dokumen kebisnisannya, dan tentu saja mengembangkan bisnis tersebut. Jadi jika kalian tertarik dengan bisnis dan mengurus berbagai dokumennya ini merupakan Jurusan Ips yang sesuai.

Nggak heran program studi Administrasi Bisnis jadi salah satu program studi favorit, dan jadi incaran para calon mahasiswa baru Maba. Pasalnya banyak industri, khususnya industri keuangan dan perbankan membutuhkan tenaga lulusan Administrasi Bisnis yang fress.

Selain itu, ruang lingkupdan ragam bisnis yang sangat luas memungkinkan lulusan Administrasi Bisnis untuk bergabung di berbagai instansi dan perusahaan milik pemerintah ataupun milik swasta. Seorang lulusan Administrasi Bisnis dapat bekerja di bidang sumber daya manusia, pemasaran, pengembangan bisnis, hingga wirausaha serta bisa membangun bisnis sendiri.

Kuliah Jurusan Manajemen

jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen Via UNPku

Manajemen merupakan Jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Seorang manajer diharapkan dapat membagi peran dan tanggung jawab masing-masing anggota divisinya dengan sangat baik. Jurusan Manajemen ini merupakan jurusan kuliah yang tergolong umum yang mempelajari semua bidang, seperti manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran.

Kuliah Jurusan manajemen 12:21 26/09/2018 ini juga tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga praktik yang akan diterapkan dalam program magang (internship).

Jurusan ini sangat dibutuhkan untuk hampir seluruh perusahaan pada berbagai bidang perusahaan, seperti sektor swasta, hingga pada instansi pemerintah.

Lulusan ini dibutuhkan untuk dapat mengelola suatu organisasi dengan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan serta dapat berkomunikasi dengan baik secara efektif.

Baca juga  Daftar Jurusan kuliah Ipa di Indonesia

Ya itu tadi adalah Jurusan Kuliah IPS terbaik yang kami berikan untuk kalian semua, semoga bermanfaat dan tak lagi bingung memilih jurusan bagi kalian yang lulus dari sma IPS. Jangan Lupa share keteman yang membutuhkan.!

Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan pada komentar dibawah. Adminnya ramah kok…:)

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: