Konten apa yang perlu ada dalam Website Desa?

Website Desa Untuk Manajemen Informasi

Website Desa Untuk Manajemen Informasi |
smarttekhno.com

KONTEN WEBSITE DESA – Website Desa adalah suatu portal atau situs berbasis online yang di dalamnya terdapat informasi publik seputar Desa, baik dari segi administrasi, sosial, budaya, kelembagaan dan informasi lainnya yang berkaitan dengan kegiatan desa tersebut. Dengan tujuan menyediakan informasi yang akurat terkait info desa, agar diketahui oleh khalayak, selain itu juga bertujuan untuk mengenalkan potensi yang dimiliki oleh desa.

Baca Juga : Manfaat dan Kegunaan Website Desa untuk Masyarakat dan Pemerintahan Desa

Singkatnya, Website Desa adalah situs online yang didalamnya menyuguhkan informasi seputar desa, dengan harapan adanya keterbukaan informasi dan bertujuan untuk mengenalkan Desa pada publik yang luas.

Website desa ini dikelola oleh aparat desa yang sudah dimandati SK (surat keputusan) oleh Kepala Desa. Atau pun pihak lain yang masih ada kaitannya dengan aparat desa secara sah dan legal. Sehingga informasi yang disajikan merupakan informasi yang akurat dan terpercaya.

Jika kalian belum tau cara membuat website desa silahkan membaca panduannya Panduan Lengkap Membuat Website Desa Pada WordPress.

Konten apa yang perlu ada dalam Website Desa?

Ada dua jenis Konten informasi dalam website desa:

Informasi Statis Website Desa

Informasi statis adalah jenis informasi yang akan relatif tidak berubah/tidak perlu diubah dalam waktu yang relatif lama. Informasi ini tidak bersifat seperti berita yang harus diperbarui setiap hari. Contoh jenis informasi statis dalam website desa adalah deskripsi tentang:

Website desa terbaik

Profil Desa

  • Sejarah Desa

  • Wilayah Desa

  • Masyarakat Desa

Lembaga Desa

  •  Visi dan Misi

  • Pemerintah Desa

  • Badan Permusyawaratan Desa

  • Lembaga Masyarakat Desa

Data Desa

  • Kontak Desa

  • Syarat dan Ketentuan

Pada website desa, menu halaman untuk menampilkan informasi statis berikut biasanya ada pada bagian atas website.

Informasi Dinamis Desa

contoh web desa terbaik

Jendelabisnis.com

Informasi dinamis desa adalah konten informasi yang akan/harus terbarui secara berkala dalam rentang waktu yang cukup sering.

Berita adalah salah satu contoh informasi yang ada pada website desa yang bersifat dinamis. Berita harus diperbarui setiap saat atau secara berkala, agar pembaca website desa dapat membaca informasi berita yang teraktual dari sebuah desa tersebut.

Baca Juga

Cara Membuat Berita Untuk Website Desa Dilengkapi Contoh Teks Berita

Selain berita, hal lain yang dapat dikelola secara berkala dan aktual, meliputi informasi tentang agenda kegiatan desa, informasi tentang peraturan desa (perdes) terbaru, informasi tentang laporan desa terbaru, informasi tentang pelayanan publik desa terkini, informasi tentang produk usaha desa, dan infomasi tentang opini atau pendapat warga Desa.

Pada website desa, menu halaman dinamis ini akan tampil sebagai kategori konten pada bagian atas kiri ataupun atas dengan navigasi drop down.

Sebelum masuk ke bagian panduan pengelolaan website desa, penting untuk tahu terlebih dahulu struktur isi/konten website desa yang dapat dibaca dalam peta situs (sitemap).

Baca Juga

12 Contoh Website Desa Terbaik untuk Inspirasi Anda

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: