10+ Niche Blog Yang Paling Banyak dicari Pengguna Internet ( Beserta Penjelasannya )

apa itu niche blog bule

Niche Blog populer | Smarttekhno.com

Niche Blog  – Mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar ke suatu situs mungkin adalah hal yang sangat sulit bagi sebagian banyak orang.

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Seperti kurangnya pengetahuan optimasi SEO, penulisan artikel yang kurang berkualitas, faktor persaingan keyword yang tinggi, dan salah satu faktor yang menominasi penyebab ‘traffic blog yang tak kunjung meningkat adalah karena niche blog Kalian memang kurang diminati oleh pengguna Internet.

Apa itu Niche Blog ?

niche blog cpc tinggi

Niche Blog mahal | Smarttekhno.com

Niche blog adalah Topik atau biasa disebut niche di dunia blogger adalah suatu istilah yang dimaksudkan untuk melambangkan topik yang dibahas di suatu situs website. Seperti berita, Bisnis, olahraga, kesehatan, Tekhnologi dan lain sebagainya.

Pada umumnya, orang yang baru memasuki dunia blog atau menjadi seorang blogger akan membangun situsnya secara asal-asalan. Seperti melakukan copy-paste artikel, melakukan pencurian artikel orang lain, hingga memenuhi konten blog dengan artikel gado-gado atau campuraduk.

Jika hal tersebut terjadi, maka besar kemungkinan blog kalian tersebut akan gagal karena tidak konsisten dan tidak memiliki tujuan yang pasti. Dengan begitu, mendominasi search engine adalah hal yang mustahil untuk dilakukan oleh seorang blogger pemula tersebut.

Setiap niche blog memiliki potensi dan segmen yang berbeda-beda, ada yang memiliki peluang untuk mendatangkan visitor dalam jumlah yang besar, adapula yang tidak memiliki.  Niche blog yang bagus untuk adsense adalah niche yang dikerjakan, karena tanpa dikerjakan niche akan tetap menjadi niche, bukan menjadi konten.

Ada 2 istilah yang biasa disebutkan dalam forum forum adsense yakni niche blog bule atau blog dengan target pembaca internasional yang biasanya kontennya berbahasa inggris dan niche blog indo dengan target pembaca indonesia.

Niche Blog Mahal

Meningkatkan CPC Google Adsense Blog Anda

Niche Blog mahal | Smarttekhno.com

Pemilihan suatu niche blog yang diterapkan di suatu website/blog sering dikaitkan dengan besarnya nilai CPC (Cost per Click) atau bayaran yang diberikan kepada publisher untuk setiap klik pengunjung yang terjadi pada iklan Google Adsense. Yang menjadi salah satu faktor besar-kecilnya penghasilan yang didapat dari suatu blog yang menggantungkan diri dengan memasang iklan Adsense google.

Baca Daftar Nice Keywords mahal Google Adsense

Maka dari itu, jika Kalian ingin blog yang Kalian kelola menjadi sukses mendatangkan pengunjung yang banyak, paling tidak Kalian harus menentukan suatu capaian seiring dengan melakukan pengelolaan terhadap situs blog yang Kalian kelola.

Sebagai contoh niche blog : ‘membuat situs download lagu terbesar‘, ‘membuat situs bisnis terbesar‘, ‘membuat situs pelajaran sekolah terbesar‘, ‘membuat situs tekhno terbesar’ dan lain sebagainya.

Dengan adanya goal-goal tersebut, Kalian akan dapat membangun situs yang lebih ter-arah dan secara otomatis Google akan memberikan prioritas lebih terhadap situs Kalian di search engine mereka, karena pada dasarnya situs yang berpusat pada satu topik pembahasan lebih mudah mendapatkan pengunjung daripada situs dengan isi gado-gado.

Sebagai referensi bagi Kalian yang merasa kalau topik yang dibahas diblognya kurang menarik dan ingin berganti niche, kami smarttekhno.com disini akan membagikan beberapa niche blog yang paling sering dicari oleh pengguna internet atau juga bisa disebut niche populer. Adapun beberapa diantaranya terdaftar sebagai berikut:

Daftar Niche Blog Yang Paling Banyak dicari Pengguna Internet

  1. Niche “Apa itu?”

Niche Blog adalah

Niche Blog apa itu | Smarttekhno.com

Dengan membuat blog dengan niche yang satu ini, Kalian hanya perlu membuat artikel-artikel berupa definisi atau pengertian dari istilah yang biasa dicari pengguna internet. Kalian tidak perlu membuat artikel yang panjang-panjang, karena Kalian hanya perlu menuliskan poin-poin dari suatu istilah, dan menuliskannya kedalam sebuah artikel yang mudah dicerna oleh pembaca, bukankah itu simpel?

Cukup jelaskan hal yang ingin diketahui audiance, dengan sejelas mungkin, gak pake basa-basi yang tidak diperlukan (bertele-tele), karena itulah hal yang diharapkan pengunjung.

Skala pembahasan niche ini juga cukup luas, jadi Kalian memerlukan knowledge lebih jika ingin membuat blog dengan niche “apa itu?”.

  1. Niche “Daftar Terbaik”

niche blog Daftar Terbaik

Niche Blog Daftar Terbaik | Smarttekhno.com

Niche “daftar terbaik” adalah sebuah niche blog dimana Kalian diminta untuk memilah banyak hal, memberikan peringkat hal tersebut, dan menuliskan ‘hal’ tersebut kedalam sebuah daftar atau list terbaik dari kategori artikel yang kalian dibuat.

Sebagai contoh, ‘daftar aplikasi edit video, ‘daftar website terbaik, ‘daftar film terbaik’, ‘daftar smartphone terbaik‘, ‘daftar aplikasi android terbaik‘, dan lain sebagainya.

Artikel pada blog yang menerapkan niche daftar ini biasanya memiliki penulisan yang panjang, karena mereka harus mengulas setiap daftar ‘hal’ yang mereka masukan kedalam daftar terbaik ini dengan mencantumkan alasan kenapa ‘hal’ tersebut dimasukan kedalam daftar terbaik, serta kelebihan dan kekurangan dari item atau ‘hal’ tersebut.

Oh iya, niche blog “daftar terbaik” juga menjadi topik favorit saya dalam pemilihan niche yang paling banyak dicari, karena kemudahan penulisan serta tingkat persaingan yang menurut saya tidak terlalu sulit.

Contohnya, hanya dengan meng-copy paste sinopsis dan menambahkan sedikit ulasan dari suatu film untuk membuat artikel ‘daftar movie terbaik’, hanya dalam kurun waktu 3 bulan artikel yang saya buat dapat menempati posisi pertama di halaman pencari dan artikel ini berhasil mendatangkan ribuan pengunjung per harinya.

 

  1. Niche “Download Software Bajakan”

niche blog download

Niche Blog Download Software Terbaik | Smarttekhno.com

Di Indonesia, software bajakan sudah menjadi makanan pokok bagi mereka yang tidak ingin repot-repot menghabiskan uang yang mereka miliki hanya untuk membeli lisensi dari suatu software yang dibutuhkan. Terutama jika software tersebut dihargai lebih dari ratusan dollar hanya untuk monthly licence atau Lebih 1.400.000 rupiah untuk 1 bulan penggunaan, dan bukan lifetime licence.

Tak terkecuali dengan saya, walaupun ini adalah hal yang tidak baik, software bajakan sudah akrab dengan kehidupan keseharian saya. Mungkin kalian adalah salah satunya. Hehe

Sekali pengen cari dan download software di Google, kata kunci yang saya ketikan selalu di-injeksikan dengan kata-kata seperti “Crack”, “Keygen”, “Activator”, “Full version (FREE)”, dan “Serial Number” untuk mendapatkan software bajakannya.

Nah, diantara semua niche blog yang saya bahas disini, niche download software bajakan adalah niche yang paling berpotensi untuk mendatangkan trafik pengunjung. Tidak hanya pengunjung lokal, pengunjung luar-pun akan ikut terselip di hasil pencarian dengan bahasa asing, karena keyword yang digunakan tidak jauh berbeda untuk penulisan judul artikel niche ini.

(Contoh: judul konten yang sangat umum untuk konten download MS. Office 2013 ialah “Download Microsoft Office 2013 32 / 64 bit +Activator”. Dengan judul seperti ini, baik pengunjung indo maupun luar tak akan ragu untuk memasuki situs ini. Karena penulisan judul artikel tersebut sesuai dengan apa yang ingin mereka cari.

Namun sebagai gantinya, karena banyak orang tahu besarnya potensi ini, niche blog download software bajakan kini menjadi niche dengan tingkat persaingan yang tertinggi diantara semua niche blog/website yang ada.

Biasanya, para blogger pemula akan memilih untuk membuat niche blog dengan yang satu ini, dan jika Kalian adalah salah satu diantara mereka. Tak mengerankan jika Kalian mengalami kesulitan dalam mendapatkan posisi di halaman pencari dan mendapatkan visitor yang mengunjungi situs Kalian. Hal tersebut dikarenakan ekspetasi tak selalu seindah realita, begitu juga mimpi tak selalu terwujut.

  1. Niche “Kesehatan dan Kecantikan”

niche blog paling banyak dicari

Niche Blog Kecantikan | Smarttekhno.com

Setiap orang pasti peduli akan kesehatan dan kecantikan (ketampanan untuk pria) mereka, dengan memiliki tubuh yang sehat, orang tersebut akan mendapatkan kemudahan dalam mencari pasangan. Setidaknya, jika kalian terlihat menarik, entah itu tampan/cantik, kalian pasti bakal dikejar oleh lawan jenis kalian.

Kesehatan dan kecantikan adalah hal yang umum, semua orang bisa saja mencari informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mereka, sehingga peluang pengunjung yang didapat dari niche blog ini tentunya tidak dapat diragukan lagi.

Adapun keyword yang memiliki volume pencarian tinggi dengan niche ini adalah: cara mempercantik wajah, cara memutihkan kulit, cara menghilangkan jerawat, cara membuat tubuh ideal, cara membentuk perut sixpack dan masih banyak keywords lainnya. (Ini adalah sejumlah keyword dengan volume pencarian lebih dari 1000 pencarian untuk setiap keyword per harinya) Mantapkan 😀

Namun jika Kalian memang tidak memiliki latar belakang pengetahuan apapun dalam bidang yang satu ini, harap jangan coba-coba untuk membuat blog dengan niche yang satu ini, karena nyawa bisa jadi taruhannya. Karena kesehatan sangat berharga untuk manusia dan jika artikel yang kalian tulis salah, kemudian dijadikan rujukan. Kalian tau sendirikan apa akibatnya. Hehe

  1. Niche “E-hate”

niche blog bahasa inggris

Niche Blog E-hate | Smarttekhno.com

Belakangan ini, blog yang bertujuan untuk menebar kebencian (haters), atau dalam istilah kerennya, e-hate, semakin banyak bertebaran. Tidak hanya itu, hampir semua blog yang memiliki niche ini memiliki traffic yang tinggi, dilihat dari rampingnya alexa rank dari situs-situs blog tersebut.

Seperti namanya, tujuan dari penulis blog ini sendiri adalah untuk menebar kebencian. Kebencian yang paling laku disini adalah kebencian yang bertujuan untuk memprovokasi publik dengan mindset yang terlalu dangkal dan material dari pembuatan artikel ini sendiri biasanya menjadikan pemerintah, seperti NU dan Jokowi sebagai topik utama (Setidaknya, pada saat artikel ini dibuat, topik ini selalu memenuhi timeline sosial media saya, baik itu Instagram, Facebook, Twitter, ataupun WhatsApp)

Hanya dengan membagikan artikel yang Kalian miliki di Facebook, akan ada ratusan, bahkan ribuan orang yang membagikan kembali tautan Kalian tersebut. Hasilnya, ratusan ribu pengunjung akan mengunjungi situs Kalian.

Adapun beberapa situs blog yang dikenal dengan kesuksesannya dalam menjalankan niche ini adalah VOA-ISLAM, Portalpiyungan, Kiblat,EraMusim, IslamMedia dan masih banyak blog lainnya.

Berapa hasil pendapatan mereka? Diprediksi, mereka berhasil mendapatkan puluhan, hingga ratusan juta per bulannya dari Google Adsense. Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan nominal tersebut juga relatif singkat. Satu minggu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi goal tersebut, toh sumber lalu lintasnya berasal dari sosial media dan bukan dari search engine Google.

Well, sejumlah fakta diatas mungkin dapat menjadi bait yang cukup kuat untuk mengundang Kalian agar membuat blog dengan niche yang satu ini. Namun ingat dampak dari pembuatan situs ini dapat mendatangkan kehancuran bagi NKRI, yakni dalam bentuk perpecahan, terutama jika e-hate ini ditujukan kepada oknum pemerintah. Selain itu, jika intel pemerintah berhasil mengenali identitas pemilik situs blog tersebut, bukan tidak mungkin Kalian akan dipenjarankan atas tindakan Kalian ini.

  1. Niche “How to…”

niche blog How to

Niche Blog How to | Smarttekhno.com

How to, bagaimana cara, atau lebih dikenal dengan istilah tutorial adalah suatu niche blog dimana kita menghadirkan konten berupa tutorial untuk mengerjakan suatu projek atau hal tertentu.

Dengan niche ini, Kalian akan dapat membahas banyak hal. Dan tentunya potensi yang didapat dari pembuatan blog dengan niche ini tidaklah tanggung-tanggung, mengingat ada banyak orang yang tak terhitung jumlahnya memerlukan suatu panduan atau cara untuk mengerjakan suatu hal yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan/ketahui.

Dalam Niche ini, Kalian dapat membagikan pengetahuan apa yang Kalian tahu tentang suatu hal  kepada publik, menuliskannya kedalam bentuk artikel yang didukung visual seperti video atau gambar agar memudahkan pengunjung dan mendatangkan uang dari pengetahuan yang Kalian miliki.

  1. Niche “Vlog”

niche blog high cpc

Niche Blog Vlog | Smarttekhno.com

Vlog atau video blog adalah suatu blog yang kontennya dipenuhi dengan konten video, dan bukan artikel atau text seperti blog pada umumnya.

Berbeda dengan niche-niche lain yang saya bagikan disini, biasanya sumber lalu lintas vlog bukan dari organic keyword, melainkan dari sosmed dan link direct access (akses langsung menuju situs).

Untuk mendatangkan visitor, pemilik blog akan membagikan tautan konten yang berisi video-video menarik yang di-embed dari YouTube, entah itu video yang berasal dari channel YouTube sendiri ataupun channel YouTube orang lain.

Mereka tidak perlu capek membuat artikel yang panjang ataupun menarik, cukup embed video menarik dari YouTube, bagikan tautan blog ke sosmed, dan dengan sendirinya akan ada orang yang membagikan tautan tersebut agar jangkuan audiance yang menonton video di blog tersebut semakin luas, dan dari situlah peluang niche vlog dapat mendatangkan dolar.

Dimana semakin menarik video yang kalian bagikan, semakin besar trafik pengunjungnya.

  1. Niche “Adult”

niche blog bule

Niche Blog Adult Terbaik | Smarttekhno.com

Konten dewasa, seperti s*x, b0k*p, cerita dew4sa, j*av dan hal-hal serupa lainnya mungkin masih menjadi hal yang tabu di Indonesia. Walaupun begitu, sesuci ataupun sealim apapun orang tersebut, dalam hidupnya mereka pasti pernah memiliki ketertarikan terhadap konten ini, karena pada dasarnya, manusia dilahirkan dengan hawa nafsu terhadap lawan jenisnya.

Dan seperti yang Kalian tahu, situs dengan konten adult memiliki tempatnya tersendiri bagi orang-orang yang ingin memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal m*sum tersebut.

Blog dengan konten de4wsa memang berpotensi untuk menggait pengunjung, biasanya situs dengan niche ini dikunjungi oleh pengunjung dengan rentangan usia 14-21 tahun, karena pada usia tersebut mereka sedang mengalami puncak dari rasa ingin tahu atau masa puber.

Namun bagi Kalian yang ingin membuat blog dengan topik ini perlu berhati-hati, karena pemerintah bisa saja memblokir situs Kalian sewaktu-waktu dengan adanya internet-positif. Dan ingat bahwa hal tersebut dosa. 😀

 

  1. Niche “Android”

niche blog wallpaper

Niche Blog Android Terbaik | Smarttekhno.com

Kalian Pengguna Android? Nah, kalian pasti tahu kan, dalam mengoperasikan Android itu ada banyak hal yang harus kalian ketahui (terutama jika kalian gaptek), mulai dari tutorial android, perkembangan harga android, keluaran android terbaru hingga aplikasi pendukung smartphone android, bisa kalian bahas dalam blog niche ini.

Topik pembahasan Android itu terbilang luas, banyak hal yang dapat dibahas seputar niche Android.

Jika kalian adalah salah satu orang yang maniak terhadap perkembangan gadget, kalian dapat menerapkan niche ini di blog yang akan kalian kelola.

Peluang yang didapat dari pengembangan blog gadget ini kagak main-main, mengingat hampir 85% orang di jaman modern ini mempunyai setidaknya 1 atau 2 smartphone. Dengan banyaknya pengguna android ini pastinya volume pencarian seputar niche Android pasti akan meledak.

 

  1. Niche “Komputer”

niche blog yang bagus untuk adsense

Niche Blog Komputer | Smarttekhno.com

Tak jauh berbeda dengan niche Android, komputer adalah salah satu perangkat yang wajib dimiliki saat ini. Entah itu hanya sekedar untuk nonton film, bermain game pc, mengerjakan tugas sekolah atau justru sudah mengarah ke hal yang lebih penting. Seperti bekerja pada suatu hal yang membutuhkan komputer.

Pokoknya, niche ini sudah pasti banyak dicari oleh orang, apalagi sekarang memiliki laptop sudah seperti keharusan dalam hal sekolah dan bekerja dikantor.

Cangkupan pembahasannya pun tidak terbatas, dan saya yakin bahwa semua yang kalian ketahui tentang ilmu komputer tidak akan dapat memenuhi 5% dari semua hal yang berkaitan dengan komputer, karena saking luasnya pengetahuan seputar komputer.

 

  1. Niche “Pelajaran Sekolah”

niche blog blog

Niche Blog Pelajaran Sekolah | Smarttekhno.com

Terakhir, hal yang paling ngangenin pada masa-masa saya sekolah adalah mencari referensi dari tugas yang diminta guru di Internet dan langsung melakukan copy-paste artikel yang didapat di suatu situs ke MS. Word, print, jidil, dan setor ke guru (tanpa revisi) hehe.

Hampir semua anak sekolahan jaman sekarang menggunakan internet untuk mempermudah pemahaman materi yang diberikan oleh seorang guru atau dosen (khusus mahasiswa).

Bagi mereka yang masih bersetatus sekolah, tugas adalah hal yang biasa diberikan oleh seorang guru/dosen. Entah itu tugas untuk memahami suatu materi, tugas presentasi, tugas kelompok, maupun tugas akhir/skripsi. Untuk mengerjakan semua hal itu, mayoritas pelajar akan mencari referensi dari Internetkan?

Niche blog pelajaran sekolah ditargetkan untuk audiance pelajar sekolahan mulai SD-Dosen.

Jadi, ada satu hal yang perlu Kalian ketahui sebelum membuat blog dengan niche yang satu ini. Kalian harus memiliki pengetahuan yang cukup luas dalam bidang materi pendidikan. Karena jika tidak, kualitas konten di situs Kalian akan terlihat meragukan dan tidak dapat dipercaya.

 

Selain itu, pada hari libur, seperti masa libur akhir semester. Blog dengan topik ini akan mengalami penurunan visitor yang sangat drastis, karena mayoritas liburan bukan bersekolah. Jadi, bersiaplah untuk menghadapi/musim dimana penghasilan yang Kalian dapat dari blog yang Kalian kelola mengalami penurunan seiring dengan berkurangnya pengunjung blog kalian.

Baca Juga : Backlink Generator Berkualitas Untuk Menaikkan Traffic Website

Kurang lebih, itulah sejumlah hal mengenai Daftar Niche Blog Yang Paling Banyak dicari pengguna Internet yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Jika Kalian merasa bingung atau ragu dengan apa yang saya jelaskan dalam artikel yang sudah kalian baca diatas. Jika berkenan, silahkan tinggalkan sebuah feedback komentar yang berisi hal yang membuat Kalian ragu dan jika memungkinkan, komentar Kalian akan saya jawab secepat yang saya bisa.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: