Tari Merak – Sejarah, Asal, dan Properti Tari Merak

properti tari merak
Tari Merak

Properti Tari Merak – Negara Indonesia dikenal oleh dunia sebagai sebuah negara yang memiliki berbagai jenis dan ragam budaya. Satu dari puluhan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia adalah tari-tarian tradisional. Setiap daerah dan suku pasti mempunyai bentuk dan model tarian dengan ciri khasnya tersendiri tak terkecuali tari Merak. Dan dengan ribuan jumlah suku yang terdapat di Negara Indonesia, maka sebanyak itu pulalah tari tradisional daerah yang dapat kalian jumpai.

Berikut adalah sejarah tari Merak, asal tari Merak, dan  properti tari Merak yang digunakan dalam pementasan :

Tari Serimpi – Sejarah, Asal, dan Properti Tari Serimpi

Sejarah Tari Merak

Sejarah tari merak awalnya berasal dari daerah bumi Pasundan. Pada tahun 1950an seorang koreografer bernama Raden Tjetjep Soemantri menciptakan sebuah coreografi gerakan tari yang dinamakan dengan tari merak.

Sesuai dengan namanya, tari merak merupakan implementasi dari kehidupan burung merak. Gerakannya diambil dari tingkah laku seekor burung merak jantan ketika ingin memikat lawan jenisnya.

Gerakan burung merak jantan yang memperlihatkan keindahan bulu ekornya pada saat ingin menarik perhatian burung merak betina terlihat sangat jelas dalam tarian merak ini.

Asal Tari Merak

Tarian Merak berasal dari daerah pasundan Jawa Barat, Indonesia.

Properti Tari Merak

Properti tari merak
Properti Tari Merak

Properti Tari – Definisi, Fungsi, dan Contoh Properti Tari

Properti tari merak –Untuk melakukan tari, tentu saja properti menjadi satu hal yang tidak boleh terlepas karena merupakan unsur yang sangat penting dalam tari Merak. Beberapa tarian daerah mungkin memang tidak membutuhkan properti, namun beberapa tarian lainnya bahkan menamai tarian daerah mereka sesuai dengan nama properti yang dikenakan.

Seperti yang telah diketahui, properti tari adalah segala bentuk perlengkapan, selain kostum, yang digunakan sebagai pelengkap dalam sebuah tarian tradisional ataupun jenis lain. Setiap daerah pasti memiliki adat istiadat dan ciri khas tertentu, yang mana kemudian ciri khas tersebutlah yang memberi pengaruh besar terhadap gerak dan properti tari yang dikenakannya.

Properti Tari merak berupa ;

  1. Mahkota
  2. Garuda Mungkur
  3. Sesuping
  4. Apok
  5. Baju Atas
  6. Sayap
  7. Sabuk
  8. Sampur
  9. Kilat Bahu
  10. Gelang
  11. Rok

Tari Pendet – Sejarah, Asal, dan Properti Tari Pendet

Penutup Tari Merak

Properti Tari merak
Tari Merak

Nah itulah beberapa hal mengenai tari Merak – Sejarah tari Merak, asal tari Merak, dan properti tari Merak yang bisa kami berikan. Tari Merak adalah wujud dari kebudayaan Indonesia yang wajib dilestarikan dan dijaga sebelum diklaim oleh bangsa asing.

Maka dari itu kita sebagai generasi penerus harus mulai menjaga tarian-tarian seperti tari Merak dengan terus mementaskan di acara-acara dan disetiap kesempatan yang ada seperti perlombaan, hari kemerdekaan dan mengadakan pementasan sebagai hiburan terhadap masyarakat Indonesia. Semoga artikel tentang tari Merak dari smarttekhno ini bermanfaat, jangan lupa share, dan komen jika ada yang perlu ditanyakan.

Tari Bondan – Sejarah, Asal, dan Properti Tari Bondan

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: