Tari Serimpi – Sejarah, Asal, Jenis, dan Properti Tari Serimpi

Tari Serimpi – Negara Indonesia memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang memukau. Salah satu yang mendunia dan populer adalah seni tari. Seni tari sendiri merupakan salah satu cabang seni yang memanfaatkan gerak dari tubuh secara berirama dengan iringan musik.

tari serimpi berasal dari
Tari Serimpi – Ulinulin.com

Begitu banyak tarian di Indonesia yang bisa memanjakan mata penonton. Salah satu tari yang paling populer adalah tari serimpi. Tari Serimpi berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tari serimpi adalah salah satu jenis tarian yang berasal dari Jogjakarta dan Surakarta. Konon, tarian serimpi ini merupakan bentuk penyajian tari Jawa klasik dari tradisi Kraton Kesultanan Mataram yang kemudian dikembangkan hingga zaman sekarang.

Sejarah Tari Serimpi

properti tari serimpi
Tari Serimpi From Seni Tari

Hampir semua jenis dari tarian memiliki sejarahnya tersendiri, tak terkecuali dengan tari serimpi. Pasalnya, tari ini bermula di era kerajaan Mataram ketika pemerintahan Sultan Agung yaitu pada tahun 1613 – 1646.

Tarian yang merupakan karya seni tertua di Jawa ini dianggap suci  dan sakral dikarenakan hanya dipentaskan di dalam lingkungan keraton sebagai kegiatan ritual jawa. Sehingga tidak heran, hanya penari tertentu yang terpilih saja yang boleh mementaskan tari serimpi ini.

Pada masa tahun 1755, Kerajaan Mataram terpisah menjadi 2 yaitu Kesultanan Surakarta dan Kesultanan Jogjakarta. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan pada gerakan tarian serimpi. Namun meski demikian inti dari tarian ini tetaplah sama.

Di tahun 1788 – 1820, tari serimpi ini muncul di lingkungan Keraton Surakarta. Bahkan sejak tahun 1920 hingga sekarang tarian ini masih dimasukkan dalam mata pelajaran Taman Siswa Jogjakarta, kelompok tari dan Karawitan Krida Beksa Wirama.

Awalnya, tari ini dinamakan Srimpi Sangopati yang memiliki arti kandidat penerus raja. Namun, kata Serimpi sendiri sebenarnya memiliki arti perempuan. Di sisi lain, Dr. Priyono beropini bahawa Serimpi berasal dari kata dasar “impi” yang berarti mimpi saat tidur.

Maksudnya adalah ketika melihat tarian lemah gemulai ini selama kurang lebih berdurasi satu jam, penonton bagaikan dibawa ke alam lain atau alam mimpi yang fantastis.

Baca Juga :Properti Tari – Definisi, Fungsi, dan Contoh Properti Tari

Properti Tari Serimpi

sejarah tari serimpi
Tari Serimpi | RomaDecade

Tari Serimpi yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini membutuhkan beberapa peralatan sebelum mementaskan, atau bisa juga disebut dengan properti tari sarimpi.

Properti utama dari Tari Serimpi diantaranya :

  • Selendang.
  • Jarik bermotif parang.
  • Sabuk setagen.
  • Epek Timang.
  • Baju Tanpa Lengan.
  • Jamang.
  • Sumping.

Selain properti tari serimpi diatas terdapat properti tambahan yakni :

  • Keris.
  • Tombak.
  • Jemparing.
  • Pistol.

Selain penggunaan properti yang sangat beragam, tarian tradisional daerah juga tentu saja mempunyai unsur utama dan unsur penunjang. Dimana unsur utama dalam tari dimaksudkan sebagai suatu elemen dasar yang tidak boleh dihilangkan atau disingkirkan dalam tarian tersebut. Sedangkan unsur penunjang dalam tari merupakan suatu unsur yang berfungsi sebagai penunjang unsur utama dalam tari.

Baca Juga : Properti Tari Pendet

Jenis-Jenis Tari Serimpi

properti tari serimpi
Tari Serimpi – legenda-daerah.blogspot.com

Tari serimpi sendiri berkembang dengan pesat baik dari segi waktu pertunjukan, pakaian hingga gerakannya. Tari serimpi ini terbagi menjadi beberapa jenis tari yang sudah diinovasikan dengan tidak meninggalkan inti dari tarian. Berikut diantara macam-macam jenis tari serimpi :

1. Tari Serimpi China

2. Tari Serimpi Padelori

3. Tari serimpi Merak Kasimpir

4. Tari Serimpi Gendangwati

5. Tari Serimpi Sangupati

6. Tari Serimpi Anglirmendhug

7. Tari Serimpi Ludira Madu

Asal Tari Serimpi

Tari Serimpi Berasal dari daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penutup Tari Serimpi

Nah itulah beberapa hal mengenai tari serimpi – Sejarah tari serimpi, asal tari serimpi, dan properti tari serimpi yang bisa Smarttekno berikan. Tari Serimpi adalah wujud dari kebudayaan Indonesia yang wajib dilestarikan dan dijaga sebelum diklaim oleh bangsa asing.

Maka dari itu kita sebagai generasi penerus harus mulai menjaga tarian-tarian seperti tari serimpi dengan terus mementaskan di acara-acara dan disetiap kesempatan yang ada seperti perlombaan, hari kemerdekaan dan mengadakan pementasan sebagai hiburan terhadap masyarakat Indonesia.

Semoga artikel tentang tari serimpi ini bermanfaat, jangan lupa share, dan komen jika ada yang perlu ditanyakan.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: