Kumpulan Quote Sufi – Jalaluddin Rumi

Quote Sufi – berikut kami akan menyajikan koleksi quote atau kata kata bijak Jalaluddin Rumi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, sebelum kita baca quote sufi jalaluddin rumi alangkah baiknya kita untuk membaca biografinya terlebih dahulu, Yuk.

Biografi Jalaluddin Rumi

Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al Khattabi al-Bakri (Jalaluddin Rumi) atau sering pula disebut dengan nama Rumi. Ia adalah seorang penyair sufi yang lahir di Balkh (sekarang Samarkand) pada tanggal 6 Rabiul Awwal tahun 604 Hijriah, atau tanggal 30 September 1207 Masehi.

Bapaknya masih keturunan Abu Bakar, yang bernama Bahauddin Walad. Sedang ibunya berasal dari keluarga kerajaan Khwarazm. Bapak Rumi seorang cendekia yang saleh, ia mampu berpandangan ke depan, seorang guru yang terkenal di Balkh. Saat Rumi berusia tiga tahun, karena terancam oleh serbuan Mogol, keluarganya meninggalkan Balkh melalui Khurasan dan Suriah, sampai ke Provinsi Rum di Anatolia tengah, yang merupakan bagian Turki sekarang. Mereka menetap di Qonya, ibu kota provinsi Rum.

Dalam pengembaraan dan pengungsiannya tersebut, keluarga rumi sempat singgah di kota Nishapur yang merupakan tempat kelahiran penyair dan ahli matematika Omar Khayyam. Di kota tersebut Rumi bertemu dengan Attar yang meramalkan si bocah pengungsi ini kelak akan masyhur yang akan menyalakan api gairah Ketuhanan.

Tahun 1244 M, Rumi bertemu dengan syekh spiritual lain, Syamsuddin dari Tabriz, yang mengubahnya menjadi sempurna dalam ilmu tasawuf.

Setelah Syamsuddi wafat, Rumi kemudian bertemu dengan Husamuddin Ghalabi, dan mengilhaminya untuk menulisakan pengalaman spiritualnya dalam karyanya monumentalnya Matsnawi-ye Ma’nawi. Ia mendiktekan karyanya tersebut kepada Husamuddin sampai akhir hanyatnya pada tahun 1273 M. ( wikipedia.org )

Kunjungi juga : Jasa Lukis Wajah Magetan

Quote Sufi Jalaluddin Rumi

Meskipun aku diam tenang bagai ikan, 
Tapi aku gelisah pula bagai ombak dalam lautan.

Kata kata sufi
Quote Sufi – Smarttekhno.com

Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam kata, Kusimpan kasih-Mu dalam dada.

Selamat tinggal hanya untuk mereka yang suka dengan mata mereka. Karena bagi mereka yang suka dengan hati dan jiwa tidak ada hal seperti pemisah.

quote sufi jalaluddin rumi
Quote Sufi – Smarttekhno.com

Cinta mengubah kekasaran menjadi kelembutan, mengubah orang tak berpendirian menjadi teguh berpendirian, mengubah pengecut menjadi pemberani, mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan, dan cinta membawa perubahan-perubahan bagi siang dan malam.

quote jalaluddin rumi
Quote Sufi – Smarttekhno.com

Adakah pelukis yang melukis sebuah lukisan indah demi lukisan itu sendiri?

Ketahuilah, apapun yang menjadikanmu tergetar, itulah yang terbaik untukmu! Dan karena itulah, qalbu seorang pecinta-Nya lebih besar daripada Singgasana-Nya.

jalaluddin rumi quotes
Quote Sufi – Smarttekhno.com

Dia adalah Yang tidak mempunyai ketiadaan,
Saya mencintainya dan Saya mengaguminya.

Hawa nafsumu adalah induk segala berhala: berhala jasmani adalah ular, namun berhala ruhani adalah naga.

rumi quotes
Quote Sufi – Smarttekhno.com

Perkecillah dirimu, maka kau akan tumbuh lebih besar dari dunia. Tiadakan dirimu, maka Jatidirimu akan terungkap tanpa kata-kata.

Kunjungi Jug : Download MP3 Ngaji Gus Baha’

Itulah beberpa Quote Sufi dari Tokoh Jalaluddin Rumi, Semoga bermanfaat dan jangan lupa share. Jika ingin mendengar ngajinya silahkan kunjungi : Channel Youtube Ngaji Kyai

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: