Internet : Sejarah Internet, Definisi, Fungsi, dan Manfaat Internet

Sejarah Internet – Sebelum masuk ke cerita mengenai Sejarah Internet smarttekhno akan membahas mengenai definisi internet. Kemudian baru dilanjutkan dengan materi Sejarah Internet dan disusul dengan materi lainnya seputar fungsi dan manfaatnya untuk kita. Tak panjang lebar yuk kita baca sampai selesai.

Definisi Internet

Definisi Internet adalah

Definisi Internet

Internet (singkatan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ia adalah sistem komputer umum, yang berhubung secara global & menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian networking terbesar dinamakan Internet. Cara meng-hubungkan rangkaian tersebut dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Atau dengan kata lain, definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan pengguna atau manusia dan komputer-komputer diseluruh dunia melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersamaan global atau dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan file data lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol stkalianr yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal dengan istilah TCP/IP.
TCP atau Transmission Control Protocol bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP  atau Internet Protocol ialah yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute/jalan tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Kalian harus berlangganan ke salah satu Internet Service Provider atau ISP yang ada dan melayani daerah Kalian. ISP ini umumnya disebut dengan penyelenggara jasa internet. Kalian bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan layanan sebagainya.

Disamping menggunakan laptop/PC (Personal Computer), kalian juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS adalah salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS hanya dapat diakses oleh device yang mendukung fasilitas tersebut. Untuk setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator semisal (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang digunakan atau didownload.

Pengertian Daring dan Luring

DARING ONLINE

DARING LURING

Dalam KBBI kata Daring dan Luring memiliki arti yang sama dengan Online dan Offline.

Arti Daring

Daring adalah istilah saat kita sedang dalam keadaan terhubung dengan internet atau dunia maya, entah itu media sosial, email, facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya yang memakai jaringan internet.

Luring

Sedangkan Kata Luring adalah keadaan dimana kita tidak terhubung terhadap internet atau dalam bahasa yang lebih umum atau bahasa inggris adalah offline.

Itulah sekilas artikel internet yang menjelaskan secara singkat tentang pengertian atau arti dari internet. Selanjutnya baca juga sejarah internet. Semoga bermanfaat! (dikutip dari wikipedia dan berbagai sumber lainnya)

Sejarah Internet

internet adalah

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada thn 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana waktu itu mereka mendemonstrasikan dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk sebuah keperluan militer. Pada saat itu US Department of Defense  atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat  membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir. Serta bertujuan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya bernama ARPANET dan hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua Kampus di negara tersebut ingin join & bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan Advanced Research Project Agency Network “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, kampus-kampus. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama baru yaitu  DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan namanya menjadi Internet. Begitulah Sejarah Internet yang kami ketahui menurut beberpa sumber dari google ketika mengetikkan keyword Sejarah Internet. Semoga Sejarah Internet yang kami berikan bermanfaat menambah wawasan.

Setelah Sejarah Internet kalian akan membaca fungsi dari internet. yuk baca agar tau dan mengerti terkait apa aja fungsinya.

Fungsi Internet

fungsi Internet adalahFungsi internet dapat digunakan sebagai sarana komunikasi tanpa batas, dan juga sebagai sumber informasi dan pengetahuan untuk kalian yang membutuhkan.

Selain itu fungsi internet diatas , internet juga merupakan media untuk berpromosi produk atau bisnis secara online, tapi tidak hanya itu Internet juga bisa dijadikan sebagai sumber tempat hiburan, kalian bisa mendapatkan apa saja mulai dari Video, musik, gambar dan lain sebagainya.

Namun secara Umum Fungsi internet terbagi menjadi 5 hal yaitu:

  1. Fungsi Internet sebagai Media Informasi

Internet merupakan media penyimpan segala informasi dan fasilitas yang dibutuhkan seseorang. Dan dibantu dengan mesin pencari seperti google.com yahoo.com bing.com dll. Sehingga memudahkan pencarian informasi tertentu di antara banyaknya informasi yang tersedia di internet.

  1. Internet sebagai Alat Komunikasi

Fungsi Internet selain sebagai median informasi ia dapat mendukung kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa (akses berita dan sosial media)

  1. Sarana Pendukung Kegiatan Pendidikan

Internet juga membantu memperoleh buku-buku secara online maupun offline serta halaman-halaman web yang berguna dalam pencarian informasi demi kepentingan pendidikan, tak dapat dipungkiri bahwa intenet sekarang menjadi sumber refrensi bagi guru dan murid dalam menunjang proses belajar mengajar.

  1. Internet pendukung kegiatan ekonomi

Selain 3 hal di atas fungsi Internet dapat menjadi media jual-beli secara online (Bukalapak, Olx, Tokopedia) dan mendukung kegiatan finansial lainnya  (e-commerce dan e-banking contohnya).

  1. Fungsi internet sebagai Sarana hiburan

Sekarang ini intenet telah menduduki peringkat 1 dalam hal pencarian. Sarana untuk mencari data yang bersifat menghibur mulai dari gambar meme lucu dan video prank, video parodi dan lain sebagainya, dan terakhir ia juga dapat pula sebagai sarana sharing ide kreatif yang menghibur.

Beberapa fungsi internet sudah dipaparkan diatas sehingga sudah waktunya untuk membahas materi selanjutnya mengenai manfaat internet. Yuk ..

Manfaat Internet

manfaat Internet bagi pelajar

www.iopevent.com

  1. Memudahkan Komunikasi

Di zaman yang semakin canggih ini, berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas surat digital atau email yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet. Internet mampu berperan sebagai media komunikasi dengan orang lain, contohnya kalian bisa mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan kalian melalui social media yang bagus, seperti Whatsapp, email, facebook, instagram, dan Google+.

  1. Lebih Efisien

Tak perlu membeli koran, tak perlu berlama-lama menunggu informasi yang kalian inginkan di TV. Dengan internet, informasi apapun bisa langsung kalian dapatkan. Jadi, dapat dibuktikan bahwa internet bukan hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien sekali.

  1. Mendorong Kemandirian

Tahukah kalian, orang yang sudah fasih menggunakan internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga jika ia penasaran bisa mencarinya di dunia maya atau internet. Sehingga terciptalah karakter kemandirian, karena seseorang terbiasa memiliki insiatif sendiri mencari informasi diinternet.

  1. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing

Manfaat ke 4 – Bisa menggunakan bahasa asing adalah sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih lagi dapat berbicara menggunakan bahasa Inggris. Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai sebagai bekal untuk bekerja nantinya, terlebih lagi jika kalian ingin bekerja di luar negeri. Di internet sendiri memang sangat banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa internasional ini atau bahasa Inggris. Selain itu kalian juga bisa belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya seperti korea, jepang, cina dengan menerjemahkan kata atau kalimat di Google Translate.

  1. Menambah Wawasan

Dengan tersedianya milyaran informasi yang ada di internet, kalian hanya perlu mencari dengan mengetikkan kata kuncinya saja. Hanya dengan mengetik beberapa kata kunci pun, informasi yang kalian inginkan sudah bisa didapatkan. Misalnya kalian sangat gemar dengan ide kreatif, maka semua informasi mengenai ide kreatif di internet ada. Jadi, internet sangat mungkin menambah wawasan penggunanya. Dan ini tentunya sesuai dengan pengertian internet yang sudah dijelaskan di paragraf atas.

  1. Internet Sebagai Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Selain manfaat diatas Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat yang sama, melainkan bisa di tempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa begitu? Karena siswa bisa mengakses website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam untuk aksesnya.

  1. Manfaat Internet Sebagai Sarana Hiburan

Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di internetpun bisa. Di internet, kalian bisa mendapatkan hiburan sesuai yang kalian mau. Semisal dengan menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara online. Menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan lain-lain.

  1. Manfaat internet Memudahkan Pekerjaan

Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet di dunia. Contoh, jika kalian diperintahkan oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor lain. Dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di dunia maya atau biasa disebut dengan Email.

  1. Manfaat internet Untuk Menjalankan Bisnis Online

Bisnis yang dijalankan di internet disebut dengan bisnis online. Ya, bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Enaknya bisnis online ialah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis. Jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja offline.

  1. Berbelanja Online

Jika kalian suatu hari sedang malas untuk keluar rumah, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru berbelanja. Belanja online adalah pilihan yang tepat, meski begitu kalian harus berhati-hati, perhatikan apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti berkualitas.

Jadi begitu mudahnya belanja online, caranya kalian hanya perlu memesan sesuai dengan format yang telah ditentukan penjual. Ketika harga cocok, kirim uang, barang terkirim sampai di rumah kalian. Namun memang untuk berbelanja secara online kalian harus cerdas dalam memilah-milah mana toko online yang terpercaya istilahnya menjadi smart buyer.

Penutup materi mengenai Internet : Definisi Internet, Sejarah Internet, Fungsi Internet, dan Manfaat Internet

Di zaman yang semakin elit dan canggih ini, bisa mengoperasikan internet adalah sebuah keharusan seseorang. Karena jika tidak bisa, kita bisa tertinggal oleh zaman, dan mungkin tidak berkembang pola pikirnya, karena masih berpikir secara konven. Beberapa manfaat internet tersebut membuktikkan bahwa internet sangat luar bisa peranannya dalam pola hidup manusia sekarang ini. Mulai dari penyajian informasi, hiburan, hingga bisnis semua ada di dalam internet. Semua hal yang sebelumnya sulit, akan terasa sangat mudah jika menggunakan internet.

Dan Smarttekhno.com ingatkan, pergunakanlah internet dengan bijak atau sebagaimana mestinya. Karena internet bukan hanya berdampak positif saja bagi kehidupan kita. Namun ada juga dampak negatif yang bisa terjadi dari internet jika kita tidak bisa menggunakannya secara bijak dan baik.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: